Alamat:

Kompleks Sanata Dharma
Jalam STM Pembangunan 1A, Mrican, Gejayan, Yogyakarta

 

 

Phone

+62 274 513301 ext.1513

Whatsapp:

087838881499

Tentang Sanata Dharma University Press (SDUP)

Pusat Penerbitan dan Bookshop (P2B) adalah sebuah organisasi yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sanata Dharma (LPPM USD). Usulan pembentukan LPPM USD itu akhirnya disahkan oleh Rektor melalui Keputusan Rektor USD No. 272/Rektor/I/2006 pada tanggal 2 Januari 2006. LPPM USD bertugas mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, LPPM USD juga mengkoordinasi dua departemen dan sepuluh pusat studi. Berawal dari sinilah mulai terbentuk Pusat Penerbitan dan Bookshop (P2B). Pusat Penerbitan memiliki 2 (dua) showroom (masing-masing di kampus USD Mrican dan Kampus USD Paingan), yang merupakan bagian atau satu kesatuan dengan penerbitan dengan fungsi utamanya sebagai showroom penerbit.

SEKILAS SEJARAH BERDIRINYA PUSAT PENERBITAN DAN BOOKSHOP USD

Pusat Penerbitan dan Bookshop (P2B) adalah sebuah organisasi yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sanata Dharma (LPPM USD). LPPM USD merupakan hasil reorganisasi dua lembaga, yaitu Lembaga Penelitian USD (LPUSD) dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM USD). Kedua lembaga tersebut memiliki sejarah pembentukan yang berbeda. Yang menjadi cikal bakal lembaga penelitian di Sanata Dharma adalah Lembaga Penyelidikan Pendidikan dan Pembinaan Kurikulum (LP3K) yang didirikan oleh almarhum Pater Verbeek pada tahun 1965. Lembaga tersebut semula dibentuk sebagai penyelenggara remedial course supaya para mahasiswa Sanata Dharma dapat melanjutkan studinya dengan lancar. Pada tahun 1980 Pemerintah RI menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 1980 tentang Struktur Organisasi Perguruan Tinggi, yang juga menetapkan pembentukan wadah khusus untuk kegiatan penelitian.pada tahun 1989 dibentuklah Pusat Penelitian Sanata Dharma (PPSD) Menyusul perubahan IKIP Sanata Dharma menjadi Universitas Sanata Dharma pada tahun 1993, pada tahun 1994 PPSD berubah menjadi menjadi Lembaga Penelitian Universitas Sanata Dharma (LPUSD). LPUSD bertugas mengelola kegiatan penelitian, penulisan karangan ilmiah, pertemuan ilmiah, dan publikasi ilmiah atau penerbitan. Dalam rangka mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang lebih terpadu itulah, melalui Surat Tugas No. 008/Rektor/I/2005, Rektor USD membentuk sebuah Tim yang bertugas melakukan reorganisasi LPUSD dan PPM USD. Setelah bekerja selama kurang lebih enam bulan, Tim menghasilkan draf usulan reorganisasi LPUSD dan PPM USD menjadi LPPM USD.Setelah diolah oleh Pimpinan USD dan dimintakan persetujuan dari Senat, usulan pembentukan LPPM USD itu akhirnya disahkan oleh Rektor melalui Keputusan Rektor USD No. 272/Rektor/I/2006 pada tanggal 2 Januari 2006. LPPM USD bertugas mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada
masyarakat. Selain itu, LPPM USD juga mengkoordinasi dua departemen dan sepuluh pusat studi. Berawal dari sinilah mulai terbentuk Pusat Penerbitan dan Bookshop (P2B). Pusat Penerbitan memiliki 2 (dua) showroom (masing-masing di kampus USD Mrican dan Kampus USD Paingan), yang merupakan bagian atau satu kesatuan dengan penerbitan dengan fungsi utamanya sebagai showroom penerbit.

 VISI

  • Mendorong sivitas akademik Universitas Sanata Dharma untuk mempublikasikan gagasan keilmuannya.
  • Menyebarluaskan hasil penerbitan Universitas Sanata Dharma kepada masyarakat luas.

MISI

  • Mengorganisasikan publikasi hasil kegiatan penelitian dalam bentuk cetakan.
  • Membangun jaringan kegiatan pendistribusian hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik secara internal maupun secara eksternal.
  • Mendokumentasikan dan mempublikasikanseluruh karya ilmiah sebagai hasil dari kegiatan penelitian dan pengabdian yang dikelola oleh USD.
  • Menyediakan kelengkapan sarana bagi kebutuhan sivitas akademik USD

TUJUAN

  • Terciptanya sistem dokumentasi yang rapi, bersih, dan aman.
  • Tersedianya sarana publikasi karya ilmiah.
  • Mengembangkan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta.
  • Mendorong berkembangnya kemampuan dan minat dosen untuk mempublikasikan hasil karya tulisnya baik berupa hasil penelitian atau non penelitian.
  • Terbangunnya jejaring kegiatan ilmiah dengan berbagai lembaga secara internal dan eksternal.
  • Terciptanya sistem dokumentasi dan publikasi yang berkualitas.
  • Terpenuhinya sarana kebutuhan sivitas akademik USD

Kepala Pusat Penerbitan dan Bookshop

Dr. Yoseph Yapi Taum, M.Hum